Versi CetakVersi Cetak
Ibu Hamil Lebih Sehat dan Kuat, Bayi yang Dilahirkan Sempurna dan Cerdas

Mengapa ibu hamil harus memperhatikan nutrisi dan gizi secara ekstra? Saat seorang ibu hamil, sesungguhnya dia sedang “hidup berdua.” Oleh karena itu, kebutuhannya akan energi dan nutrisi pun harus lebih banyak. Untuk memastikan diri sang ibu dan janinnya sehat serta berkembang dengan baik, maka kecukupan nutrisi dan gizinya mutlak harus dipenuhi. 

Kurangnya asupan nutrisi selama kehamilan, ditambah gaya hidup yang kurang baik, dapat meningkatkan risiko janin mengalami gangguan, seperti berat badan saat lahir kurang, hambatan tumbuh kembang, hingga cacat bawaan lahir. Selain itu, kurangnya gizi pada ibu selama kehamilan juga dapat meningkatkan risiko bagi sang anak lebih rentan mengidap penyakit kronis di masa mendatang.

Oleh karena itu, sejak seorang ibu dipastikan hamil, ketika itu pula dia harus mulai berhati-hati dalam memilih asupan makanan yang akan dikonsumsi. Sebab, apapun yang ibu makan, akan diserap oleh janin sebagai nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Kebutuhan nutrisi yang dimaksud bukan dalam hal porsi makan saja, melainkan nutrisi yang lebih luas, seperti mikronutrien dan makronutrien. Mikronutrien adalah komponen makanan yang meliputi vitamin dan mineral. Sedangkan makronutrien adalah nutrisi yang mengandung kalori atau energi seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Pembentukan organ pada janin dimulai sejak masa konsepsi, oleh karena itu, banyak pakar menyarankan agar pemenuhan nutrisi di masa kehamilan hendaknya dimulai sejak terjadinya konsepsi, kemudian diteruskan sampai usia 1.000 hari kehidupan bayi (sekitar 2 tahun). Saat usia kehamilan trimester pertama, harus menjadi perhatian sangat serius oleh ibu. Pada rentang waktu itulah akan ditentukan kesempurnaan perkembangan fisik cabang bayi. Pada masa ini, pembelahan sel janin terjadi sangat cepat untuk pembentukan organ. 

Untuk mendukung kesempurnaan perkembangan fisik cabang bayi, dibutuhkan dua zat gizi penting di trimester pertama, yakni zat besi dan asam folat. Zat besi dibutuhkan lebih banyak oleh ibu yang sedang hamil karena volume darah sang  ibu juga sedang meningkat. Kekurangan zat besi dapat memicu anemia berat. Bila hal ini terjadi, dapat meningkatkan risiko bayi terlahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, keterlambatan pertumbuhan pada anak, hingga berisiko kematian bagi bayi.

Sedangkan asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil agar proses pembentukan DNA bayi berjalan baik, sehingga organ tubuh bayi terbentuk sempurna. Kekurangan asupan asam folat dapat meningkatkan risiko bayi meninggal. Kalaupun bertahan hidup, akan mengalami cacat berat, karena defisiensi asam folat dapat menyebabkan tidak tertutupnya selubung saraf tulang belakang pada janin, sehingga menyebabkan ketidaksempurnaan pertumbuhan tengkorak kepala dan otak janin.

Selain zat besi dan asam folat, zat gizi yang tak kalah penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalsium. Selain berperan dalam membantu tubuh mengatur cairan, membantu kerja fungsi saraf dan kontraksi otot, kalsium ini juga sangat berperan penting untuk membangun tulang dan gigi janin. 

Agar janin yang dikandung berkembang dengan baik, sehat, dan sempurna, penuhi selalu asupan gizi selama kehamilan. Untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil, baik mikronutrien maupun makronutrien, kini tersedia “SULTAN” Madu Sari Kurma Plus. “SULTAN” Madu Sari Kurma Plus adalah minuman kesehatan dengan komposisi madu multiflora, sari kurma, dan serbuk biji angkak, yang sangat baik untuk meningkatkan energi pada ibu hamil dan pemenuhan kebutuhan zat besi. 

Selain itu, “SULTAN” Madu Sari Kurma Plus juga kaya dengan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil. Kandungan asam folat dalam “SULTAN” Madu Sari Kurma Plus dapat membantu dan menjaga perkembangan janin secara lebih sempurna, sehingga kelak dapat terlahir seorang bayi sebagai generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, dan kuat. Insya Allah. (HRM)


 

Diposting oleh Admin
Kamis, 26 September 2019 10:09:50

Rubrik : Kesehatan - dibaca : 168 Kali




Pusat Layanan Informasi

LAYANAN KEMITRAAN
Senin - Sabtu
Jam 08.00-16.00
HP/WA :0812-1100-3801

Main Office

PT SHAD GLOBAL INDONESIA

Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
Telepon: (021) 2179 8344
Faksimili: (021) 2179 8344
Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
Website: shadnetwork.com


Disclaimer

Jadwal Shalat

Subuh : 04:09
Dzuhur : 11:48
Ashar : 15:14
Maghrib : 18:02
Isya : 19:18
Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya