Versi CetakVersi Cetak
Idealnya Sebuah Proses Akan Berbanding Lurus Dengan Hasilnya

Idealnya sebuah proses akan berbanding lurus dengan hasilnya. Semakin banyak dan baik proses yang dilakukan, maka kemungkinan akan semakin banyak dan semakin baik pula hasil yang didapat. Namun pada kenyataannya, tidak semua hasil yang kita peroleh sesuai dengan proses yang kita lakukan. Dengan berbagai faktor, sangat mungkin proses yang kita lakukan hasilnya melenceng dari yang kita harapkan. Bila menghadapi kenyataan seperti itu, maka kita harus pandai menggunakan sudut pandang yang positif bahwa Allah SWT tidak pernah salah dalam memberikan hasil kepada setiap hamba-Nya. Jadi, ketidaksesuaian antara yang kita harapkan dengan hasil yang kita dapatkan, bisa jadi disebabkan oleh diri kita sendiri. Oleh karena itu, kemampuan dan kemauan mengevaluasi dirilah yang harus kita miliki serta kedepankan.” Itulah jawaban dari Ibu Hafizo, leader mitra bisnis berperingkat Prawira Muda (PMU) asal Kelurahan Hilir, Tapak Tuan, Aceh, saat ditanya tim redaksi SHAD Magazine tentang korelasi antara kinerja seseorang dengan hasil yang didapatkan.  

 

Menurut istri dari Bapak Rasyiddin, seorang Kepala Inspektorat di Kabupaten Aceh Selatan ini, mental mau mengevaluasi diri ini sangat penting dimiliki seseorang bila dia ingin mendapatkan hasil dengan kuantitas banyak sekaligus kualitas yang baik. Dengan mental evaluasi diri inilah orang akan mengetahui kelemahan diri sendiri lalu berusaha memperbaikinya. Selain itu, bila dia sudah fokus pada perbaikan diri, maka tidak ada celah bagi dirinya untuk menyalahkan orang lain. Orang dengan mental seperti ini biasanya selalu memiliki tekad pantang menyerah. Bila kita senantiasa istiqamah menjalani proses dan selalu melakukan evaluasi untuk perbaikan, maka insya Allah kita dengan sendirinya akan mendapatkan hasil dengan kuantitas yang banyak dan kualitas yang tinggi.

 

Ibu Hafizo, S.Pd yang juga sebagai pegawai Tata Usaha di SMP Negeri 2 Tapak Tuan ini menyadari, bahwa memiliki mental mau mengevaluasi diri ini adalah sesuatu yang berat. Kecenderungan orang akan mencari kambing hitam saat tidak berhasil mencapai tujuannya. Tapi semua orang juga harus menyadari, bahwa faktor penggerak dan penentu terbesar untuk sukses adalah dirinya sendiri. Beliau memberikan ilustrasi, orang akan melakukan apa saja tanpa kenal lelah dan tak kenal menyerah untuk mengejar sesuatu yang menjadi idaman atau sesuatu yang dicintainya. Dia akan berusaha mengatasi segala tantangan sebelum apa yang diidamkan dimiliki atau apa yang dicita-citakan tercapai. Jadi cita-cita itu menjadi penyemangat, sumber energi, bahkan jadi motor penggerak bagi seseorang untuk meningkatkan kinerjanya. Nah, bila seseorang tidak memiliki kinerja yang baik, boleh jadi cita-cita atau tujuan hidupnya belum besar, bahkan tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, setiap orang harus memiliki cita-cita besar. Selain itu, hal yang juga sangat penting dijaga agar senantiasa memiliki kinerja yang baik dan terus meningkat adalah tetap menjaga niat. Niat harus selalu lurus sejak awal, sehingga tetap kuat dan kokoh meskipun diterjang berbagai ujian.

 

Untuk tetap konsisten dengan kinerja yang berkualitas, terutama di SNW ini, kita harus selalu menjaga pikiran dan semangat yang positif. Kita harus yakin, bahwa di SNW kita bekerja tidak sendiri, melainkan secara berjamaah yang saling menguatkan. Saat kita menghadapi tantangan berat, kita harus berkonsultasi dengan mitrautama untuk menemukan jalan keluar terbaik. Di sisi lain, sebagai mitrautama bagi mitramuda, kita harus peka terhadap segala permasalahan mitramuda, lalu senantiasa menjaga hubungan yang baik, sehingga dapat sama-sama menemukan solusi terbaik. 

 

Sebagai mitrautama, menurut pengelola Mitrasalur NAD-03 ini, seorang mitra bisnis harus menjadi teladan bagi mitramudanya. Keteladanan itu berarti kita harus mencontohkan berbagai kebaikan kepada mitramuda, mulai dari sikap dan pikiran positif, loyalitas, kinerja, serta kemauan melakukan perbaikan diri secara istiqamah. Istimewanya, Ibu Hafizo memberikan keteladanan ini kepada siapapun, bukan sekedar bagi mitramuda dan keluarganya, melainkan juga bagi masyarakat di sekitarnya. Hal inilah yang menjadi modal bagi beliau untuk mendapatkan kepercayaan dari orang-orang sekitarnya, termasuk di kantor suaminya di mana beliau sebagai ketua Dharma Wanita. Menurut beliau, saat kita sudah mendapatkan kepercayaan, insya Allah lebih mudah bagi kita mengajak orang lain untuk meningkatkan kualitas kerja untuk mendapatkan kuantitas hasil.

 

Sepak terjang Ibu Hafizo ini rupanya tertanam kuat di alam bawah sadar putri pertama beliau, Jazira Rezkika yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara (USU). Prinsip hidup, alasan, loyalitas, sikap istiqamah, dan berbagai aktivitas Bu Hafizo di SNW rupanya menjadi inspirasi bagi Jazira untuk terjun secara aktif menjalankan bisnis SNW. Dengan berbagai ilmu pengetahuan yang didapat secara formal melalui USU maupun berbagai pengalamannya, Jazira dengan penuh dedikasi menjalankan bisnis SNW yang dianggapnya sebagai bagian dari upaya memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi umat sekaligus sebagai media untuk menebar manfaat bagi orang lain. Dengan segala usahanya, dalam waktu singkat calon dokter muda ini meraih peringkat Prawira Pratama di SNW.

 

Pengalaman ini membuat Ibu Hafizo semakin yakin bahwa cara paling efektif untuk meningkatkan kualitas kerja agar mendapatkan kuantitas hasil yang maksimal adalah dimulai dengan kemauan kita mengevaluasi diri dan memberikan keteladanan kepada orang lain. Dengan mengevaluasi diri berarti kita membuka kesempatan bagi diri kita sendiri untuk melakukan perbaikan, sedangkan memberikan keteladanan adalah cara efektif bagi kita untuk mengajak orang lain melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan. Dengan dua modal itu, insya Allah kita semua dapat meraih sukses di SNW. (HRM)

 

#ideal #idealismeadalah #idealisadalah #idealis #idealtoto #idealadalah #idealife #idealberatbadan #idealdiriadalah #idealnyakritikuskaryasenimemilikiwawasansebagaiberikutantaralain

Diposting oleh Jamil
Senin, 26 November 2018   Jam 02:11:52

Rubrik : Kisah Sukses - dibaca : 1,151 Kali



BERITA TERKAIT


    Pusat Layanan Informasi

    LAYANAN KEMITRAAN
    Senin - Sabtu
    Jam 08.00-16.00
    HP/WA :0813-8263-6885

    Main Office

    PT SHAD GLOBAL INDONESIA

    Kantor Pusat
    CIBIS NINE Lt. 11
    Jl. TB Simatupang No. 2 Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12560

    Kantor Operasional
    Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
    Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
    Telepon: (021) 2179 8344
    Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
    Website: shadnetwork.com


    Jadwal Shalat

    Subuh : 04:42
    Dzuhur : 12:09
    Ashar : 15:18
    Maghrib : 18:17
    Isya : 19:27
    Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya