Versi CetakVersi Cetak
Awas! Kolesterol dapat Menyebabkan Nyeri dan Cedera Otot, serta Penurunan Fungsi Otak

Gejala kadar kolesterol tinggi seperti adanya rasa nyeri dan tidak nyaman di tengkuk, sering kesemutan, nyeri dada dan punggung, badan terasa kebas, dan kram pada malam hari, sudah jamak diketahui orang. Saking umumnya gejala seperti itu, kadang dianggap hal yang sepele. Bahkan, ada di antaranya yang menganggap sebagai dampak dari kelelahan semata. Ada pula yang menganggapnya dengan istilah masuk angin.

Memang, untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah tidak cukup disimpulkan berdasarkan gejala semata. Kepastiannya dapat dilakukan dengan melakukan pengukuran dengan alat yang relevan. Tapi, bila Anda merasakan berbagai gejala umum tadi, sudah selayaknya segera melakukan pemeriksaan medis. Bisa jadi kadar kolesterolnya memang tinggi. Sebagai informasi, kolesterol yang berlebih dalam tubuh akan tertimbun di sepanjang dinding pembuluh darah arteri sebagai plak, sehingga dapat mempersempit dan menghambat aliran darah. Akibatnya, banyak bagian tubuh yang kekurangan pasokan darah, sehingga berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Beberapa penelitian ahli menduga kadar kolesterol yang tinggi juga terkait dengan nyeri otot. Artinya, kolesterol yang tinggi rentan menyebabkan penderitanya mengalami nyeri otot, bahkan hingga cedera otot. Benarkah?

Belum dapat dipastikan hubungan antara nyeri otot dan kolesterol tinggi. Namun, karena tumpukan kolesterol tidak hanya terdapat pada pembuluh darah, tetapi juga di otot, maka penumpukan tersebut dapat menyebabkan peradangan sehingga mengakibatkan perubahan struktur otot dan tendon. Hal inilah yang pada akhirnya memicu nyeri otot. Kesimpulan ini salah satunya disampaikan oleh peneliti dari University of Canberra dan Monash University di Australia. Bahkan, peneliti ini mengatakan kolesterol tinggi tidak hanya membuat pengidapnya rentan terserang nyeri otot, tetapi juga dapat berisiko menyebabkan cedera otot dan perubahan struktur pada otot.

Hasil penelitian lain yang pernah dimuat dalam British Journal of Sports Medicine menunjukkan data bahwa kerusakan otot dan tendon lebih banyak terjadi pada orang dengan kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang memiliki kadar kolesterol normal. Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi juga rentang mengalami otot melintir di bahu hingga gangguan otot achilles yang sering terjadi pada atlet.

Tidak hanya sampai di situ, 25 persen kolesterol tubuh dapat ditemukan di dalam otak. Nah, bila proses metabolisme lemak terganggu, dapat membuat kadar kolesterol jahat melebihi batas normal. Hal ini dapat meningkatkan risiko penurunan daya ingat, gangguan emosi, hingga meningkatkan risiko terkena penyakit alzheimer. Sederhananya, kolesterol tinggi berpotensi menurunkan fungsi otak.

Anda dan kita semua tentu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu, kendalikan kolesterol jahat dalam tubuh Anda dengan SHAD TENSIKOL. SHAD TENSIKOL adalah kapsul herbal hasil ramuan dari ekstrak sambiloto (Andrographis paniculata) dan ekstrak temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) yang berkhasiat untuk mencegah penumpukan dan meluruhkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Pada saat bersamaan,  SHAD TENSIKOL dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. SHAD TENSIKOL juga membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah penggumpalan darah, sehingga dapat membantu mencegah peradangan yang dapat menyebabkan nyeri dan cedera otot. Peredaran darah yang lancar juga menyebabkan jantung bekerja secara baik dan normal, sehingga risiko hipertensi, stroke, dan penurunan fungsi otak dapat dikurangi. Insya Allah. Dapatkan SHAD TENSIKOL di mitrasalur terdekat Anda. (HRM)
 

Diposting oleh Admin
Sabtu, 06 Juli 2019 09:07:02

Rubrik : Kesehatan - dibaca : 95 Kali




Pusat Layanan Informasi

LAYANAN KEMITRAAN
Senin - Sabtu
Jam 08.00-16.00
HP/WA :0812-1100-3801

Main Office

PT SHAD GLOBAL INDONESIA

Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
Telepon: (021) 2179 8344
Faksimili: (021) 2179 8344
Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
Website: shadnetwork.com

Jadwal Shalat

Subuh : 04:17
Dzuhur : 11:41
Ashar : 14:46
Maghrib : 17:49
Isya : 18:58
Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya