Versi CetakVersi Cetak
Mengapa Wanita Gemuk Lebih Sulit Hamil?

Saat seorang ibu yang sedang menjalani terapi agar segera hamil, dokter biasanya berpesan agar si ibu menjaga berat badan yang ideal. Secara ilmiah, belum ditemukan kaitan yang pasti antara berat badan dengan peluang untuk hamil. Peluang kehamilan ditentukan oleh seberapa normal periode menstruasi yang dialami seorang wanita. Jika periode menstruasi seorang wanita berkisar setiap 28 hari, maka peluangnya untuk hamil masih terbuka lebar. 

Namun bagi wanita yang terlalu gemuk, risiko sulit hamil tetap lebih tinggi. Menurut ahli ginekologi, Profesor Biran Affandi, salah satu risiko bagi wanita yang memiliki kelebihan berat badan adalah sulit hamil. Apa sebab? Karena wanita gemuk ovulasinya cenderung tidak teratur. 

Wanita gemuk berarti memiliki timbunan lemak di dalam tubuhnya. Lemak ini akan mempengaruhi hormon dalam tubuh, termasuk hormon ovulasi. Beberapa wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas cenderung mengalami Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) yaitu sebuah kondisi di mana terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Kondisi ini menyebabkan hormon wanita yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang. Ovariumnya tidak memproduksi cukup hormon yang menstimulasi sel telur untuk matang dan terlepas. 

Wanita yang mengalami PCOS di dalam tubuhnya juga cenderung memproduksi terlalu banyak hormon insulin. Dalam kondisi yang normal, hormon insulin ini sangat berperan dalam  membantu tubuh untuk mengelola gula di dalam darah. Namun jika wanita yang mengalami PCOS memproduksi terlalu banyak hormon insulin, maka tubuhnya cenderung akan mengeluarkan hormon pria, yaitu androgen. Wanita yang terlalu banyak mengeluarkan hormon androgen di dalam tubuhnya dapat mengganggu proses pembuahan dan menjadikannya sulit hamil.

Wanita gemuk juga biasanya memiliki hormon leptin yang tinggi. Hormon leptin adalah hormon yang berfungsi untuk mengendalikan nafsu makan serta rasa lapar. Hormon ini diproduksi oleh sel lemak. Karena wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas memiliki timbunan lemak yang banyak, berarti semakin banyak pula hormon leptin yang diproduksi. Bila jumlahnya berlebihan, maka risiko terjadinya resistensi hormon leptin sangat besar. Kondisi ini dapat menghambat terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma.

Selain membuat lebih sulit hamil, bila pun hamil, wanita gemuk juga memiliki risiko melahirkan bayi prematur dan berukuran terlalu kecil. Bahkan sangat tinggi risiko bayinya mengalami kematian saat dalam kandungan. 

Oleh karena itu, bila Anda wanita yang ingin lebih mudah hamil, jaga selalu berat badan ideal Anda. Bila Anda memiliki berat badan berlebih, maka menurunkan berat badan merupakan cara terbaik agar lebih mudah hamil sekaligus menurunkan risiko komplikasi saat kehamilan. Turunkan berat badan Anda setidaknya 5-7% dari berat badan saat ini, sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, sekaligus meningkatkan peluang Anda untuk hamil dan mendapatkan kehamilan yang sehat. Untuk membantu Anda menurunkan berat badan, gunakan SHAD TOSLIMING

SHAD TOSLIMING adalah kaspsul herbal dengan komposisi ekstrak daun jati belanda (Guazumae folium), ekstrak Gallae (manjakani), ekstrak daun kumis kucing (Orthoshiponis folium), ekstrak buah kapulaga (Amomi fructus), dan beberapa herbal lainnya yang berkhasiat khusus untuk membantu mengendalikan berat badan dengan cara melapisi dinding usus halus untuk mengurangi penyerapan lemak dari makanan yang dikonsumsi. SHAD TOSLIMING juga dapat meluruhkan timbunan lemak tubuh yang sudah ada, sehingga berefek melangsingkan. Dapatkan SHAD TOSLIMING di mitrasalur terdekat Anda. (HRM)

 

#kelebihanberatbadantts #kelebihanberatbadan #sulithamilsetelahcaesar #sulithamilpascakuret #sulithamilpascakeguguran #obesitasdancovid #obesitasmenurutwho #obesitas #obesitaspadaanak #obesitasartinya

Diposting oleh Admin
Jum`at, 16 Agustus 2019   Jam 10:08:02

Rubrik : Kesehatan - dibaca : 2,159 Kali



BERITA TERKAIT


    Pusat Layanan Informasi

    LAYANAN KEMITRAAN
    Senin - Sabtu
    Jam 08.00-16.00
    HP/WA :0813-8263-6885

    Main Office

    PT SHAD GLOBAL INDONESIA

    Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
    Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
    Telepon: (021) 2179 8344
    Faksimili: (021) 2179 8344
    Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
    Website: shadnetwork.com


    Disclaimer

    Jadwal Shalat

    Subuh : 04:31
    Dzuhur : 12:07
    Ashar : 15:30
    Maghrib : 18:20
    Isya : 19:33
    Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya