Versi CetakVersi Cetak
Mengapa Menggosok Gigi pada Malam Hari Sangat Penting?

“Seandainya tidak memberatkan umatku, maka aku perintahkan mereka untuk bersiwak (menyikat gigi) setiap akan shalat.” (HR Bukhari).

Begitulah pernyataan Rasulullah SAW tentang pentingnya kita menyikat gigi agar kebersihan dan kesehatan mulut tetap terjaga. Saking pentingnya, sempat terlintas di pikiran beliau untuk memerintahkan kepada kita menyikat gigi setiap kali akan shalat. Namun, pada umumnya kita biasa menyikat gigi paling tidak dua saat, yaitu ketika habis makan dan sebelum tidur.

Kita semua sudah mengetahui mengapa kita harus menyikat gigi setelah makan bukan? Menyikat gigi setelah makan bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dapat mempercepat perkembangan bakteri dalam rongga mulut. Sisa-sisa makanan tersebut dapat berubah menjadi asam akibat terdapatnya bakteri yang terdapat pada rongga mulut. Bila sisa makanan tersebut bersifat manis, maka perkembangbiakan bakteri akan semakin meningkat. Selain itu, sisa makanan yang tidak dibersihkan dalam waktu lama dapat menyebabkan karang gigi. Dampaknya, dapat menyebabkan bau mulut juga gigi berlubang. Lalu, apa pentingnya menyikat gigi saat malam hari sebelum tidur?

Sahabat Sehat SNW, beberapa hal berikut ini menjadi alasan penguat mengapa kita HARUS menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur.

Bakteri Lebih Mudah Berkembangbiak di Mulut pada Malam Hari
Saat malam hari, air liur antibakteri  konsentrasinya rendah, sehingga bakteri lebih mudah dan lebih cepat berkembang. Kondisi ini menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit gusi dan gigi berlubang pada malam hari. Selain itu,  pada malam hari aktivitas tubuh kita relatif menurun jika dibandingkan dengan siang hari. Hal ini juga menyebabkan self cleansing oleh air liur juga berhenti, sehingga bakteri lebih aktif melakukan kolonisasi dan menghasilkan asam. Kondisi asam inilah yang dapat menyebabkan pengeroposan dan kerusakan gigi. Menyikat gigi pada malam hari adalah salah satu cara mengurangi tingkat keasaman mulut.


Restrukturisasi dan Penguatan Gigi Lebih Banyak Terjadi Saat Malam Hari
Menjelang tidur pada malam hari, biasanya aktivitas kita untuk makan sangat jauh berkurang, bahkan terhenti sama sekali. Pada saat ini, bila Anda menyikat gigi maka perlekatan berbagai zat yang berguna bagi kesehatan gigi dan gusi dapat bertahan lebih lama. Perlekatan berbagai zat berguna dalam pasta gigi yang lebih lama pada gigi dapat membuat gigi dan gusi melakukan restrukturisasi, regenerasi, dan penguatan. Dampaknya, gigi dan gusi Anda tidak hanya akan selalu sehat, tapi juga lebih kuat.
Plak Gigi Lebih Mudah Terbentuk Saat Kita Tidur

Pada malam hari, ketika kita tidur, bakteri di dalam mulut lebih aktif menjalankan “operasinya.” Bakteri ini akan lebih agresif mengubah makanan menjadi lebih asam, sehingga lebih mudah menempel di gigi untuk membentuk plak. Plak yang mengeras kemudian akan menyebabkan terbentuknya karang gigi. Karang gigi inilah yang dapat meningkatkan risiko gigi cepat rapuh, bau mulut, dan gusi berdarah. Saat Anda menyikat gigi, berarti Anda telah membersihkan semua sisa makanan, sehingga risiko terbentuknya plak dan karang gigi lebih kecil.

Kandungan Oksigen dalam Mulut pada Malam Hari Lebih Sedikit
Sebagai informasi, bakteri yang ada di dalam mulut dan paling berbahaya adalah bakteri anaerob, yaitu bakteri yang dapat berkembang biak tanpa adanya oksigen. Saat kita tidur pada malam hari, oksigen dalam mulut sangat sedikit. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh bakteri anaerob tadi untuk berkembang biak secara cepat. Dengan menyikat gigi sebelum tidur, maka zat aktif yang bersifat antibakteri dari pasta gigi dapat bekerja melawan bakteri anaerob, sehingga perkembangbiakan bakteri pengganggu kesehatan gigi dan gusi dapat dihambat.

Dengan berbagai alasan di atas, maka ahli kesehatan gigi dan gusi menyimpulkan bahwa waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah pada saat malam hari sebelum kita tidur. Sedangkan waktu yang tidak disarankan untuk menyikat gigi adalah segera setelah minum atau makan sesuatu yang asam, seperti jus buah, smoothies, cuka, soda, atau wine. Mengkonsumsi sesuatu yang asam akan membuat lapisan luar gigi Anda lebih lembut, sehingga menyikat gigi pada saat itu akan merusak permukaan gigi serta membuatnya lebih sensitif.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat tidur, gosok gigi Anda setelah makan dan malam hari menjelang tidur menggunakan RAIHAN Pasta Gigi Herbal. Kandungan ekstrak daun sirih dan cengkeh di dalam RAIHAN Pasta Gigi Herbal bersifat sebagai antibakteri dan mengurangi tingkat keasaman mulut, sehingga dapat mencegah perkembangan bakteri sekaligus mencegah fermentasi zat gula, baik setelah makan maupun saat Anda sedang tidur. Dengan demikian, gigi Anda lebih aman dari kerusakan dan mulut terasa lebih segar saat Anda bangun keesokan harinya. Dapatkan RAIHAN Pasta Gigi Herbal di mitrasalur terdekat Anda. (HRM).

 

Diposting oleh Admin
Jum`at, 23 Agustus 2019 01:08:06

Rubrik : Kesehatan - dibaca : 51 Kali




Pusat Layanan Informasi

LAYANAN KEMITRAAN
Senin - Sabtu
Jam 08.00-16.00
HP/WA :0812-1100-3801

Main Office

PT SHAD GLOBAL INDONESIA

Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
Telepon: (021) 2179 8344
Faksimili: (021) 2179 8344
Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
Website: shadnetwork.com

Jadwal Shalat

Subuh : 04:28
Dzuhur : 11:48
Ashar : 14:59
Maghrib : 17:52
Isya : 19:00
Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya