Versi CetakVersi Cetak
Peran Serat Bagi Sistem Imun Tubuh

Sistem kekebalan seseorang sangat erat kaitannya dengan pemenuhan serat di dalam tubuhnya. Seseorang yang kurang serat cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, sehingga lebih rentan sakit. 70% sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh berada di saluran pencernaan. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa lebih dari 80% sistem kekebalan tubuh tergantung pada saluran pencernaan. 

Pada saluran pencernaan inilah benda-benda asing yang berpotensi menjadi penyakit masuk ke dalam tubuh. Sedangkan pencernaan yang sehat sangat bergantung pada asupan seratnya. Oleh karena itu, agar sistem kekebalan tubuh dan sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik, pastikan bahwa kebutuhan serat tubuh Anda terpenuhi dengan baik.
  
Seorang wanita membutuhkan serat sekitar 25 gram per hari. Sedangkan  pria, membutuhkan serat sekitar 30-38 gram per hari. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serat juga berfungsi untuk mengurangi penyerapan kolesterol berlebih pada usus dan kemudian membuangnya. Jadi, bila serat tubuh seseorang mencukupi, kadar kolesterolnya cenderung berimbang. Sebaliknya, bila tubuhnya kurang serat, kadar kolesterolnya akan cenderung meningkat.

Keberadaan serat tubuh bersama vitamin, mineral, dan antioksidan dapat membantu peningkatan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk memerangi infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah setiap kali makan utama dan makan selingan. Untuk menambah serat, dianjurkan juga mengkonsumsi suplemen yang kaya serat.

Seseorang yang kekurangan serat dalam tubuhnya juga rentan dengan risiko berbagai penyakit di antaranya adalah sembelit (susah BAB), gula darah yang tidak stabil, komplikasi pada pengidap diabetes, berat badan yang tidak terkendali, dan penurunan stamina tubuh. 

Dalam kondisi di mana pandemik corona virus yang dikenal dengan COVID-19 mewabah di seluruh dunia, maka kecukupan serat tubuh harus menjadi perhatian yang serius. Bila tidak, tubuh akan lebih mudah terinfeksi virus yang sudah menelan ribuan korban nyawa tersebut. Oleh karena itu, menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga dan beristirahat yang cukup, serta senantiasa menjaga kebersihan adalah hal yang penting. Selain itu, jaga terus pola makanan sehat dan berimbang dengan tetap memperhatikan kebutuhan serat tubuh. 

Perbanyak mengkonsumsi makan sayuran kaya serat seperti  selada, lobak, wortel mentah, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, brokoli, dan kacang panjang. Sementara buah yang mengandung banyak serat antara lain adalah jeruk, apel, pisang, pir, mangga, nangka, persik, sukun, srikaya, buah beri, dan buah ara.

Untuk melengkapi kebutuhan serat tubuh, Anda juga dianjurkan mengkonsumsi suplemen yang kaya serat, sehingga selain kebutuhan serat dapat terpenuhi, sistem imun tubuh juga dapat meningkat. SHAD HILBA PLUS adalah salah satu di antaranya. SHAD HILBA PLUS merupakan kapsul yang diramu dari beberapa herbal berkhasiat seperti hulbah (fenugreek), habbatussauda (Nigella sativa), zanjabil (Zingiberis rhizoma) dan beberapa herbal lainnya, yang dapat membantu mencukupi kebutuhan serat, menjaga kesehatan usus, mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit (susah BAB), wasir, dan berbagai gangguan lambung lainnya sepertimaag dan asam lambung. Dapatkan SHAD HILBA PLUS di mitrasalur terdekat Anda. (HRM)

Diposting oleh Admin
Sabtu, 04 April 2020   Jam 09:04:18

Rubrik : Kesehatan - dibaca : 18,931 Kali




Pusat Layanan Informasi

LAYANAN KEMITRAAN
Senin - Sabtu
Jam 08.00-16.00
HP/WA :0812-9883-0475

Main Office

PT SHAD GLOBAL INDONESIA

Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
Telepon: (021) 2179 8344
Faksimili: (021) 2179 8344
Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
Website: shadnetwork.com


Disclaimer

Jadwal Shalat

Subuh : 04:06
Dzuhur : 11:42
Ashar : 15:06
Maghrib : 17:55
Isya : 19:09
Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya