Versi CetakVersi Cetak
Fokus pada Proses Bukan Hasil
Pernahkah Anda melihat orang-orang sukses di sekitar Anda atau yang biasanya dapat Anda saksikan melalui media cetak maupun elektronik? Mungkin ada sebagian dari Anda yang akan berujar ''Enak ya dia....uangnya banyak bisa beli apa saja“ atau ''Si Fulan hebat mitramudanya berhasil semua...“ dan seterusnya. Kebanyakan orang hanya melihat kesuksesan seseorang pada saat orang tersebut sudah berhasil, namun alpa melihat bagaimana proses yang dilalui berupa perjuangan dari orang-orang yang sukses tersebut. Satu hal yang harus diingat bahwa untuk mencapai sebuah kesuksesan, baik itu berupa target pribadi ataupun lainnya harus diikuti dengan langkah-langkah yang istiqamah. Bukankah Allah SWT menyukai amalan yang sedikit tetapi dilakukan secara terus menerus?

Dalam keseharian misalnya, saat sudah bekerja keras menjemput rizqi untuk keluarga di rumah, namun hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan keinginan, maka pada saat itu perasaan kecewa yang datang. Mari kita fokus pada proses, sehingga dengannya kesuksesan akan lebih mudah kita raih. Allah SWT berkalam “Bekerjalah kamu, Maka Allah dan rasul-Nya serta orang-orang mu'min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."  (QS At-Taubah 9:105)

Allah SWT melihat setiap detail kerja yang telah kita upayakan. Hasil itu adalah milik Allah SWT, sebab Allah Maha Tahu apa yang baik untuk kita. Jika apa yang kita upayakan sesuai dengan perencanaan, maka selayaknya kita bersyukur. Namun, jika sebaliknya yang terjadi maka saat yang tepat bagi kita untuk muhasabah (introspeksi diri). Mari kita belajar dari kisah para salafushshalih. Lihatlah Nabi Nuh yang sudah 950 tahun berdakwah menyampaikan risalah Allah, namun apa yang terjadi? Beliau hanya berhasil merekrut kurang dari 100 orang saja yang mau ikut bersamanya. Apakah Allah mempertanyakan mengapa hanya segitu jumlahnya? Ternyata tidak, Allah tidak pernah melihat hasil, tetapi Allah melihat proses dan amal yang telah dikerjakannya.

Bukan berapa yang dapat kita hasilkan tapi bagaimana cara kita mendapatkan. Apakah sudah sesuai dengan perintah-Nya atau malah jauh melenceng dari aturan-Nya. Ketika seluruh daya dan upaya telah kita kerahkan, maka Allah pasti akan memberikan jalan, jika bukan sekarang mungkin nanti di waktu yang tidak akan pernah kita duga dan di saat memang kita membutuhkannya, sebagaimana kalam-Nya ”Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar- benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al Ankabut 29:69).

Manusia tidak ada yang sempurna, dan justru ketidaksempurnaan inilah yang menjadikan manusia perlu untuk saling menasihati dan memberi peringatan. Yakinlah akan pertolongan Allah dan teruslah memohon pada-Nya, karena tidak ada yang sia-sia di sisi-Nya jika kita sudah menjalankan apa yang diperintahkan-Nya. Wallahu a'lam.
 
 
#proses #prosesyangdisertaidenganpertambahanberatbesardantinggipadamakhlukhidupdisebut #prosesinspirasipadapernapasandadadiawalidengan #prosesterjadinyahujan #prosesterjadinyagerhanamatahari #prosesterjadinyagerhanabulan #prosesmasuknyaudarakedalamtubuhdisebut #prosesyangdisertaidenganpertambahanberatbesardantinggipadamakhlukhidupdisebutosnipa #prosespembentukanurine #prosespembuatankaryasenigrafisdibagimenjadiduayaitu

Diposting oleh Admin
Jum`at, 17 Juni 2016   Jam 09:06:20

Rubrik : Motivasi - dibaca : 1,257 Kali



BERITA TERKAIT


    Pusat Layanan Informasi

    LAYANAN KEMITRAAN
    Senin - Sabtu
    Jam 08.00-16.00
    HP/WA :0813-8263-6885

    Main Office

    PT SHAD GLOBAL INDONESIA

    Kantor Pusat
    CIBIS NINE Lt. 11
    Jl. TB Simatupang No. 2 Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12560

    Kantor Operasional
    Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
    Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
    Telepon: (021) 2179 8344
    Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
    Website: shadnetwork.com


    Jadwal Shalat

    Subuh : 04:39
    Dzuhur : 11:56
    Ashar : 15:14
    Maghrib : 17:57
    Isya : 19:06
    Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya