Versi CetakVersi Cetak
Menjadi Generasi Ulul Albab
Berbicara mengenai mensinergikan dzikir dan pikir, sejatinya Allah SWT telah menyinggung hal tersebut dalam kalamnya pada QS Ali Imran 3:190-191, “Sesungguhnya, dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang, terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.”

Berdasarkan ayat tersebut, dzikir dan pikir merupakan salah satu karakteristik ulul albab (orang yang berakal). Kata 'albab' adalah bentuk jamak dari kata 'lubb' yang berarti saripati sesuatu. Kacang misalnya, memiliki kulit yang menutupi isinya, maka isi kacang itulah yang disebut dengan lubb. Dengan demikian, ulul albab adalah orang-orang yang memiliki akal yang murni, yang tidak terselubungi oleh kulit atau kabut ide yang dapat melahirkan kerancuan dalam berpikir.

Dzikir yang merupakan salah satu sifat ulul albab bukan hanya sekedar dzikir secara lisan, namun seluruh dimensi dzikir, baik dzikir secara batin maupun dzikir secara dzahir. Dzikir secara batin artinya qalbu manusia selalu mengingat Allah SWT yang disebabkan adanya cinta, takut, dan harap kepada-Nya yang berhimpun di hati. Dari sinilah tumbuh keimanan yang kokoh, kuat, dan mengakar di hati. Bahkan dari dzikir batin ini berimplikasi pada gerak-gerik seluruh tubuh dan pikiran yang selalu berada dalam atau berkesesuaian dengan aturan Allah SWT.

Pikir sebagai sifat ulul albab yang lain, bermakna memikirkan proses kejadian alam semesta dan berbagai fenomena yang berada di dalamnya sehingga mendapatkan manfaat daripadanya, dan yang paling utama adalah menjadikannya mengingat Sang Pencipta alam semesta, Allah SWT.

Selain itu, dengan dzikir dan pikir ini, seorang yang ulul albab adalah orang yang tidak pernah mengeluh atas apa yang terjadi terhadap diri mereka, karena mereka telah dapat merasakan bahwa semuanya yang terjadi di dunia ini, termasuk terhadap diri mereka adalah atas kehendak Allah SWT, dan pasti tidak akan sia-sia, selama Allah tidak memberikan azab kepada mereka. Bagi mereka, keberhasilan hidup terletak pada keridhaan Allah SWT.

Mitra Bisnis yang berbahagia, semoga semua aktivitas kita, termasuk aktivitas di SHAD NETWORK ini, selalu disertai dengan karakter orang-orang yang ulul albab, sehingga kita pun dapat melahirkan generasi-generasi ulul albab. Amin.
 
 
#dzikirpikirantenang #perbedaandzikirdanpikir #dzikirpikiran #maksudgenerasiululalbab #generasiululalbab #ululalbabartinyaadalah #ululalbabberarti #ululalbabartinya #ululalbab #ululalbabadalah

Diposting oleh Jamil
Jum`at, 17 Juni 2016   Jam 09:06:35

Rubrik : Motivasi - dibaca : 1,326 Kali



BERITA TERKAIT


    Pusat Layanan Informasi

    LAYANAN KEMITRAAN
    Senin - Sabtu
    Jam 08.00-16.00
    HP/WA :0813-8263-6885

    Main Office

    PT SHAD GLOBAL INDONESIA

    Kantor Pusat
    CIBIS NINE Lt. 11
    Jl. TB Simatupang No. 2 Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12560

    Kantor Operasional
    Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
    Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
    Telepon: (021) 2179 8344
    Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
    Website: shadnetwork.com


    Jadwal Shalat

    Subuh : 04:39
    Dzuhur : 11:56
    Ashar : 15:14
    Maghrib : 17:57
    Isya : 19:06
    Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya