Versi CetakVersi Cetak
Think Out of the Box: Cara Keluar dari Masalah
Saat Nabi Ibrahim diperintah oleh Allah SWT untuk membawa Hajar dan Ismail ke sebuah wilayah tandus tak berpenghuni yang bernama Mekah, kemudian meninggalkan mereka, beliau sedikit pun tidak ragu. Mengapa? Karena Nabi Ibrahim memiliki iman, sehingga beliau sangat percaya bahwa Allah SWT pasti menjaga istri dan anaknya. Nabi Ibrahim juga yakin dengan perantara potensi yang dititipkan Allah SWT kepada Hajar dan Ismail, mereka pasti dapat solusi terbaik.

Apa yang dilakukan Nabi Ibrahim tersebut, saat ditelaah hanya dengan menggunakan pikiran umum, mungkin terkesan nekad bahkan terkesan tidak menggunakan perhitungan. Tapi saat kita menelaahnya dengan kaca mata iman, maka apapun sangat mungkin terjadi bila Allah SWT menghendaki. Satu catatan penting bagi kita, karena pikiran dan kreativitas yang menjadi cikal-bakal bagi seseorang untuk berpikir di luar kotak adalah sesuatu yang dimensinya tanpa batas, maka kita sebagai muslim harus membuat sendiri batasan yang tegas. Silakan berpikir bebas di luar kotak pikiran orang umum, selagi itu sesuai dengan tauhid, berkesesuaian dengan syariat Islam, dan tetap dalam koridor iman. Iman, telah mengajarkan kita cara berpikir di luar kotak sekaligus membuat batasannya agar kita tetap pada jalan yang benar. Dengan iman pula, seorang Abu Bakar as-Shiddiq tidak sedikit pun meragukan Rasulullah SAW telah menjalani isra dan mi'raj hanya dalam waktu semalam.

Berpikir di luar kotak (think out of the box) adalah cara berpikir di luar batasan masalah yang ada dengan menggunakan perspektif yang baru. Berpikir menggunakan perspektif baru ini akan semakin dahsyat hasilnya saat kita menerapkannya untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang kita yakini benar, ditambah dengan landasan iman dan keyakinan akan pertolongan Allah SWT. Adakah yang dapat menghentikan kita menjalankan proses saat menggunakan pikiran kreatif dengan perspektif baru yang dilandasi keyakinan akan pertolongan Allah SWT?

Sahabat Mitra Bisnis, kebanyakan orang tidak kreatif dan mendapatkan kondisi kehidupan biasa saja, stagnan atau jalan di tempat, karena mereka tidak mau berpikir di luar kotak. Mereka hanya menggunakan pemikiran dengan standar umum, melakukan kebiasaan umum, bahkan menjadikan alasan-alasan orang umum sebagai pembenaran atas ketakutan mereka dalam mengambil sebuah langkah untuk perubahan besar. Menghindari cara berpikir standar seperti itu sekaligus menyingkirkan ketakutan-ketakutan yang keliru, dapat membawa Anda menuju solusi, jalan keluar dan pencapaian baru yang jauh lebih baik.

Pentingnya berpikir di luar kotak, pernah juga disampaikan oleh Albert Einstein dalam sebuah ungkapan bijaknya, "Insanity is doing the same thing over and over but expecting different result." Kalau cara kita sebelumnya terbukti gagal, maka pikirkanlah cara lain untuk memecahkan masalah dan mendapatkan solusi. Pesan Einstein tersebut menekankan adanya keterkaitan antara masalah dan cara berpikir. Secara tersirat pernyataan itu mengandung pesan moral bahwa saat di kotak pikiran kita terdapat asumsi, model, kaidah, dan pola penalaran yang menjadi sumber timbulnya suatu masalah, maka untuk mendapatkan solusinya kita harus keluar dari 'kotak pikiran' tersebut.

Mari kita renungkan ke dalam diri masing-masing. Apakah sebenarnya yang menjadi penghambat kita melakukan hal besar untuk mendapatkan hasil yang besar? Bila Anda menyimpulkan bahwa hambatan terbesar itu berada dalam kotak pikiran Anda sendiri, maka kini saatnya Anda harus berpikir di luar kota pikiran yang ada selama ini. Orang yang mempercayai adanya peristiwa besar dan akan mendapatkan hasil yang besar, melebihi kebesaran yang dibayangkan oleh orang umum adalah orang yang berpikir besar. Berpikir besar itu diawali dengan berpikir di luar kotak.

Sahabat Mitra Bisnis, bila kita ingin SHAD NETWORK di masa yang akan datang akan mengantarkan kita pada sukses besar dan memberi manfaat besar bagi banyak orang, maka marilah kita melakukan hal besar dimulai dengan berpikir di luar kotak pikiran kita yang mungkin selama ini belum besar.
 
#thinkoutofthebox #thinkoutoftheboxartinya #carakeluardarimasalahmenurutislam #carakeluardarimasalah #carakeluardarimasalahhidup #carakeluardarimasalahyangberat #abubakaras-shiddiq #isradanmi'rajadalah #isradanmi'rajartinya #alberteinstein

Diposting oleh Jamil
Jum`at, 17 Juni 2016   Jam 10:06:22

Rubrik : Motivasi - dibaca : 5,804 Kali



BERITA TERKAIT


    Pusat Layanan Informasi

    LAYANAN KEMITRAAN
    Senin - Sabtu
    Jam 08.00-16.00
    HP/WA :0813-8263-6885

    Main Office

    PT SHAD GLOBAL INDONESIA

    Kantor Pusat
    CIBIS NINE Lt. 11
    Jl. TB Simatupang No. 2 Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12560

    Kantor Operasional
    Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
    Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
    Telepon: (021) 2179 8344
    Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
    Website: shadnetwork.com


    Jadwal Shalat

    Subuh : 04:39
    Dzuhur : 11:56
    Ashar : 15:14
    Maghrib : 17:57
    Isya : 19:06
    Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya