Versi CetakVersi Cetak
Ukuran Manfaat dan Kebaikan

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” (QS Al Maidah 5:2)

Mendengar kata “tolong menolong” langsung muncul kesan kebaikan dalam pikiran kita. Namun ukuran kebaikan yang dihasilkan oleh pikiran bisa jadi berbeda dengan kenyataannya. Terkadang, standar kebaikan yang kita pikirkan belum tentu baik di hadapan orang lain, apalagi di hadapan Allah SWT. Karena orang mendefinisikan kebaikan berdasarkan pikiran, maka ketika kenyataan berada di luar pikiran dan harapannya, dia menganggap bukanlah suatu kebaikan. Oleh karena itu, ukuran kebaikan itu hendaknya bukanlah sekedar dengan pikiran, tetapi berlandaskan nilai Al Quran dan As-Sunnah. Dalam makna yang lebih luas, kebaikan itu diukur dari manfaat dan dampak-nya.

Ada ungkapan bijak yang menyatakan bahwa “Kebaikan adalah bahasa yang dapat didengar si tuli dan dapat dilihat si buta.” Di sini seakan menegaskan kepada kita bahwa kebaikan itu memang diukur dan dirasakan langsung dampaknya oleh sang penerima maupun orang lain di sekitarnya. Dengan demikian, pemahaman seperti ini dapat berkesesuaian dengan ayat dalam surat Al Maidah ayat 2 di atas. Artinya, tolong menolong yang bermakna kebaikan dan dianjurkan adalah tolong menolong untuk hal-hal yang membawa kemaslahatan bagi orang banyak dan menjadikan kita semakin bertaqwa kepada Allah SWT. Pada saat yang sama, kita dilarang untuk saling menolong terhadap hal-hal yang dapat membawa dampak buruk.

Sahabat Mitra Bisnis, secara tersirat pesan dari Allah SWT dalam surat Al Maidah ayat 2 sesungguhnya memperingatkan kepada kita bahwa bisa jadi dengan akal yang dimiliki, kita dapat membedakan antara kebaikan dan keburukan. Namun, segala sesuatu yang diukur dengan akal semata, sifatnya sangat relatif. Baik dan buruk menurut akal manusia dapat berubah seiring perguliran waktu, sesuai kepentingan, perbedaan tempat, bahkan sesuai adat kebiasaan. Sedangkan kebaikan universal selalu dapat dirasakan dampaknya meskipun waktu dan tempat terus berubah. 

Dalam bisnis SNW yang sedang kita jalankan saat ini, saling menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan adalah faktor terpenting untuk menunjang keberhasilan kita. Tanpa adanya saling tolong dan kerja secara berjamaah, akan sulit mendapatkan yang terbaik. Dengan saling tolong dan saling memberi manfaat yang saling menguntungkan, maka hal yang berat terasa ringan. Setiap tantangan dapat dengan mudah dapat diatasi. Oleh karena itu, penting bagi kita saling memberikan dan menebar manfaat kepada sesama pelaku bisnis SNW. Sekali lagi, standar dan ukuran menebar manfaat itu ukurannya bukan orang per orang atau kepentingan kelompok tertentu, melainkan dengan mempertimbangkan manfaat yang lebih luas atas dasar kepentingan bersama. Dasar pertimbangan selain itu dilarang dalam agama.

Setiap kebaikan yang oleh pikiran kita dianggap bermanfaat karena kepentingan pribadi dapat terpenuhi, tetapi di sisi lain mengabaikan kebaikan yang lebih luas, dapat membawa kerusakan, sebagaimana kalam Allah SWT, “Dan seandainya kebenaran itu menuruti keinginan mereka, pasti binasalah langit dan bumi, dan semua yang ada di dalamnya.” (QS Al Mu’minun 23: 71)

Sahabat Mitra Bisnis, mari kita teruskan menebar manfaat antar sesama dengan alasan kemaslahatan yang lebih luas. Insya Allah kita semua dapat meraih apa yang kita cita-citakan bersama. (HRM)

 

#manfaatkebaikan #kebaikan #kebaikanadalah # #menebarmanfaatadalah #manfaatmenebarkebaikan #semangatmenebarmanfaat #kepentinganbersama #kepentinganbersamaadalah #tolongmenolongdalamkebaikandanketaqwaan

Diposting oleh Jamil
Selasa, 12 Maret 2019   Jam 01:03:43

Rubrik : Motivasi - dibaca : 1,421 Kali



BERITA TERKAIT


    Pusat Layanan Informasi

    LAYANAN KEMITRAAN
    Senin - Sabtu
    Jam 08.00-16.00
    HP/WA :0813-8263-6885

    Main Office

    PT SHAD GLOBAL INDONESIA

    Kantor Pusat
    CIBIS NINE Lt. 11
    Jl. TB Simatupang No. 2 Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12560

    Kantor Operasional
    Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
    Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
    Telepon: (021) 2179 8344
    Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
    Website: shadnetwork.com


    Jadwal Shalat

    Subuh : 04:37
    Dzuhur : 11:54
    Ashar : 15:16
    Maghrib : 17:48
    Isya : 19:02
    Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya