Versi CetakVersi Cetak
Investasi Jangka Panjang itu Bernama Menebar Manfaat

Setiap tanggal 21 November, banyak negara di dunia memperingatinya sebagai Hari Pohon Internasional. Sedangkan khusus di Indonesia, setiap tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. Sepintas, peringatan itu tak begitu penting bagi sebagian orang, tapi bila kita renungkan lebih dalam, sesungguhnya keberadaan kedua momentum tersebut merupakan pesan penting kepada kita untuk menebar manfaat sekaligus menghindari perbuatan yang menimbulkan kerusakan.

Islam, sejak berabad lalu telah menganjurkan untuk menanam pohon melalui sabda Rasulullah SAW, sebagai bentuk “investasi jangka panjang” yang tentu saja balasannya dapat kita nikmati kelak di akhirat. “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon, kecuali sesuatu yang dimakan dari tanaman itu akan menjadi sedekah baginya, dan yang dicuri akan menjadi sedekah. Apa saja yang dimakan oleh binatang buas darinya, maka sesuatu (yang dimakan) itu akan menjadi sedekah baginya. Apapun yang dimakan oleh burung darinya, maka hal itu akan menjadi sedekah baginya. Tak ada seorang pun yang mengurangi, kecuali itu akan menjadi sedekah baginya.” (HR Muslim)

Berpijak pada tujuan awal tersebut, maka tak heran bila ada ungkapan bijak yang mengatakan “Sedikit waktu yang kita gunakan hari ini untuk menanam dan merawat pohon, berarti kita sedang menyiapkan kehidupan untuk 20 tahun ke depan, bahkan lebih lama dari itu.” Makna dan pesan tersirat di dalamnya adalah kita sangat dianjurkan untuk memanfaatkan setiap kesempatan di masa kini untuk menebar kebaikan yang pasti bermanfaat bagi diri kita sendiri, bahkan untuk orang banyak di masa yang akan datang.

Menanam pohon juga merupakan simbol optimisme dan “pupuk” yang senantiasa menyuburkan semangat kita agar senantiasa menjaga harapan dan terhindar dari putus asa. Rasulullah SAW bersabda, “Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang di antara kalian ada bibit kurma, maka apabila dia mampu menanam sebelum terjadi kiamat, maka hendaklah dia menanamnya.” (HR Ahmad).

Lagi-lagi, pesan nyata yang disampaikan Rasulullah SAW kepada kita bahwa jangan pernah berhenti untuk menebar kebaikan dan manfaat sesingkat apapun waktu kita. Tak ada celah untuk putus asa, apalagi kehilangan semangat hanya karena kita menghadapi tantangan. Di dalam setiap kesempitan kita, selalu ada kesempatan untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Di dalam setiap keluhan, sesungguhnya selalu ada keleluasaan bagi kita untuk tetap memberi manfaat dan berbuat kebaikan. Manfaat dan kebaikan dari kita tak ada hubungan dengan keterbatasan dan keluhan kita. Berbuat baik dan memberi manfaat adalah perintah dari Allah dan Rasul-Nya kepada kita, tanpa terkecuali. Sedangkan mengeluh, bahkan putus asa, adalah pilihan paling buruk dan harus kita hindari.

Lalu, apa yang dapat kita lakukan dengan segala kelebihan dan kekurangan kita sebagai investasi jangka panjang? Sahabat Mitra Bisnis, “pohon” adalah salah satu dari ribuan cara untuk berbuat kebaikan dan menebar manfaat. Bahkan, selain sebagai bahasa denotatif (makna yang sebenarnya), istilah pohon dapat juga kita maknai sebagai bahasa simbolik. Karena tidak semua orang memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menanam pohon, maka “pohon” kita adalah apapun yang dapat kita berikan bagi kebaikan orang lain. Bagi kita yang mampu memberi kebaikan dan manfaat secara materi, maka berikanlah materi. Tapi, bagi kita yang “hanya” memiliki ide, pemikiran, ilmu, tenaga, dan sebagainya, maka berikanlah sesuai kemampuan kita. Sangat banyak jalan untuk menuju kebaikan.

Bagi kita sebagai pelaku bisnis SNW, semua jalan itu terbuka lebar. Kesempatan untuk berbuat baik dan menebar manfaat itu terhampar sangat luas. Tinggal kita memilih dari jalan mana kita dapat mencapainya. Semakin banyak jalan yang kita gunakan, maka semakin banyak kesempatan kita untuk mencapai tujuan. Artinya, semakin besar peluang kita menikmati hasil investasi itu kelak di kemudian hari. Orang cerdas adalah orang yang menginvestasikan apapun kebaikan yang dia miliki pada bidang yang pasti menguntungkan. Memberi kebaikan dan menebar manfaat pasti mendapatkan keuntungan sesuai janji Allah, “Tak ada balasan atas kebaikan, selain kebaikan pula.” (QS Ar Rahman 55: 60). Insya Allah. (HRM)

 

#investasi #investasiadalah #investasiyangmenguntungkan #investasijangkapanjang #investasijangkapanjangadalah #investasijangkapanjangterbaik #investasijangkapanjangcontoh #menebarmanfaat #manfaatmenebarkebaikan #menebarmanfaatadalah

Diposting oleh Jamil
Selasa, 12 Maret 2019   Jam 02:03:08

Rubrik : Motivasi - dibaca : 1,073 Kali



BERITA TERKAIT


    Pusat Layanan Informasi

    LAYANAN KEMITRAAN
    Senin - Sabtu
    Jam 08.00-16.00
    HP/WA :0813-8263-6885

    Main Office

    PT SHAD GLOBAL INDONESIA

    Kantor Pusat
    CIBIS NINE Lt. 11
    Jl. TB Simatupang No. 2 Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12560

    Kantor Operasional
    Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
    Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
    Telepon: (021) 2179 8344
    Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
    Website: shadnetwork.com


    Jadwal Shalat

    Subuh : 04:42
    Dzuhur : 12:09
    Ashar : 15:18
    Maghrib : 18:17
    Isya : 19:27
    Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya