Versi CetakVersi Cetak
Usia Boleh Bertambah, Tapi Daya Ingat Menurun, Jangan!

“Hai hamba-hamba Allah, berobatlah kalian, karena sesungguhnya Allah SWT tidak sekali-sekali membuat penyakit melainkan Dia membuat pula obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu penyakit ketuaan.” (HR Ahmad)

Sahabat Sehat SNW, hadits Rasulullah SAW di atas menegaskan bahwa ada kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk semaksimal mungkin mengobati penyakit yang diderita. Apalagi Rasulullah SAW menyatakan bahwa semua penyakit ada obatnya. Namun di antara berbagai penyakit itu, ada sunnatullah yang tak dapat kita tolak yakni penyakit ketuaan. Bila tua tidak dapat kita tolak, maka ada pula konsekuensi dari usia tua yang tidak dapat kita tolak, yakni kematian sel-sel otak. Dampaknya, memori dan daya ingat seseorang cenderung akan menurun.

Otak sangat berperan dalam mengatur sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, serta suhu tubuh. Selain itu, otak juga bertanggung jawab atas berbagai fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Kematian sel otak secara otomatis akan mengurangi berbagai fungsi dan peran tersebut. Artinya kemampuan seseorang mulai kecepatan dan refleksi gerakan hingga ingatan, juga akan menurun.

Menurut para ahli, otak memiliki berat sekitar 1,4 kg. Namun setelah usia 20 tahun, secara alami otak akan kehilangan massa sekitar 1 gram per tahun.  Di dalam otak, ada sekitar 100 miliar neuron. Diperkirakan terdapat sekitar 70 juta neuron dalam tiap gram otak. Oleh karena itu, bila manusia kehilangan 1 gram massa otak per tahun, artinya otak kehilangan 70 juta neuron per tahun, atau sekitar 190 ribu per hari sel otak yang rusak, melambat, atau mati.

Hitungan teoritis itu tidak serta merta berarti sel otak benar-benar mati sebanyak 190 ribu per harinya. Beberapa kasus bisa jadi diakibatkan oleh hilang atau sekaratnya sel glial (sel pendukung). Sebagian lagi karena berkurangnya neuron yang disebabkan oleh kehilangan zat insulasi, yaitu mielin, yang membuat neuron bekerja lebih lambat, tetapi tidak mati.

Selain faktor usia yang menua, beberapa faktor yang dapat mempercepat dan memperbanyak kematian sel otak  adalah zat-zat kimia, obat-obatan, dan makanan tertentu. Selain itu, paparan asap rokok, alkohol, makanan cepat saji (junk food), MSG (Monosodium Glutamate) dan obat-obatan terlarang juga dapat mempercepat dan memperbanyak kematian sel otak tiap harinya. Kematian sel otak ini dapat berdampak pada meningkatnya risiko demensia (pikun), ketidakmampuan komunikasi, trauma atau kerusakan batang otak, keterbelakangan mental, gangguan kejiwaan, parkinson, bahkan kelumpuhan.

Meskipun tidak dapat dicegah, kematian sel otak ini dapat diperlambat. Untuk memperlambat kematian sel otak, biasakan gaya hidup sehat seperti olahraga, makan sehat, senam otak, atau latihan daya ingat. Bila Anda terbiasa melakukan hal itu, maka risiko pikun pun dapat dihindari. Selain itu, rutinkan setiap hari mengkonsumsi SHAD MINDATOP. SHAD MINDATOP adalah kapsul herbal yang dibuat dari ekstrak pegagan (Centella asiatica) kualitas terbaik.

SHAD MINDATOP kaya dengan senyawa triterpenoid, sehingga dapat membantu revitalisasi pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah menuju otak. Dengan lancarnya aliran darah ke otak, maka akan semakin banyak tumbuh sel glial yang berperan dalam pembuatan selubung lemak untuk melindungi saraf dan memberi asupan nutrisi ke saraf. Semakin banyak sel glial, berarti akan semakin terjamin ketersediaan nutrisi sel saraf otak, sehingga kematian sel otak dapat dihambat.

Selain itu, senyawa triterpenoid dalam SHAD MINDATOP bersifat sebagai antioksidan yang bekerja menangkap radikal bebas, sehingga sel otak terhindar dari kematian yang menyebabkan berkurangnya memori. Sebaliknya otak dapat lebih mudah terangsang untuk bekerja dalam peningkatan kemampuan belajar, daya ingat, dan konsentrasi. SHAD MINDATOP juga baik digunakan bagi pasien stroke untuk mempercepat pemulihannya. Dapatkan SHAD MINDATOP di mitrasalur terdekat Anda. (HRM)
 

Diposting oleh Admin
Sabtu, 06 Juli 2019 10:07:16

Rubrik : Kesehatan - dibaca : 67 Kali




Pusat Layanan Informasi

LAYANAN KEMITRAAN
Senin - Sabtu
Jam 08.00-16.00
HP/WA :0812-1100-3801

Main Office

PT SHAD GLOBAL INDONESIA

Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
Telepon: (021) 2179 8344
Faksimili: (021) 2179 8344
Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
Website: shadnetwork.com

Jadwal Shalat

Subuh : 04:41
Dzuhur : 11:58
Ashar : 15:18
Maghrib : 17:57
Isya : 19:07
Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya