Versi CetakVersi Cetak
Berikan Nutrisi Terbaik Bagi Buah Hati agar Terhindar dari Gagal Tumbuh

Memiliki anak yang sehat, cerdas, tumbuh, dan berkembang dengan baik adalah harapan semua orang tua. Indikator anak yang sehat, tumbuh dan berkembang dengan baik adalah jika perkembangan berat, tinggi, panjang badan, serta lingkar kepalanya berbanding lurus dengan usianya. Artinya, ukuran fisiknya terus bertambah seiring pertambahan usia pada masa tumbuh kembang. Dalam bahasa awamnya, seorang anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan baik jika pertambahan berat dan tinggi badannya setara dengan anak-anak lain yang seusia dengannya.

Jadi, jika ada anak yang berat badannya tidak sesuai dengan usia seharusnya, tidak naik, atau bahkan turun dari pertumbuhan sebelumnya, maka layak segera diwaspadai, karena bisa jadi itu adalah gejala awal anak tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan baik atau dalam dunia kesehatan dikenal dengan sebutan “gagal tumbuh” (Failure to thrive).

Gagal tumbuh berarti pertumbuhan anak, baik tinggi maupun berat badannya tidak memadai, sehingga membuat anak terlihat lebih kecil dan lebih pendek dibandingkan dengan rata-rata anak pada usianya. Gagal tumbuh juga menggambarkan bahwa seorang anak tidak menerima, menyimpan, atau menggunakan kebutuhan zat gizi yang seharusnya. Padahal, nutrisi tersebut diperlukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan berat serta tinggi badannya. Dengan kata lain, salah satu faktor penentu seorang anak mengalami gagal tumbuh adalah kekurangan asupan gizi harian yang tepat dan berimbang.

Jika seorang anak tidak mengalami pertambahan berat, tinggi, dan kemampuan lainnya selama tiga bulan berturut-turut, segera bawa ke dokter untuk memastikan yang sedang terjadi. Sebab, bila anak yang mengalami gagal tumbuh tidak segera mendapatkan penanganan, akan dapat membawa dampak negatif seperti keterlambatan dalam kemampuan tubuh (berbicara, merangkak, berguling, berjalan, dan sebagainya), kemampuan motorik rendah, mudah kelelahan, mudah sakit, perkembangan mental dan sosial terhambat, terhambat perkembangan fisiknya seperti stunting (anak bertubuh pendek), kesulitan mencerna informasi di kemudian hari, hingga keterbelakangan mental. 

Tentu setiap orang tua tidak berharap peristiwa gagal tumbuh terjadi pada anaknya. Oleh karena itu, orang tua harus senantiasa melakukan antisipasi dengan cara memberikan nutrisi terbaik bagi anaknya di saat masa pertumbuhan dan perkembangan. Secara alami, memberikan ASI secara rutin kepada anak dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak. Hal lain yang dapat dilakukan adalah memberikan kalori tambahan melalui makanan pendamping ASI saat anak sudah dapat mengkonsumsi makanan selain ASI. 

Untuk membantu pemenuhan gizi harian anak Anda agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, kini tersedia SALAM FIT. SALAM FIT adalah multivitamin yang terbuat dari bahan herbal yang kaya nutrisi antara lain madu (honey), Royal jelly, Bee pollen, Nigella sativa (habbatussauda), minyak zaitun (olive oil), omega 3, 6, dan 9, sehingga sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik, perkembangan mental, perkembangan otak, peningkatan konsentrasi dan memori, serta peningkatan imunitas tubuh dan stamina anak. 

Jadi, bila Anda sebagai orang tua berharap si buah hati mengalami tumbuh dan kembang dengan baik, jangan abaikan kebutuhan gizi harian mereka. Investasikan waktu dan perhatian Anda untuk mereka demi terciptanya generasi penerus yang sehat, cerdas, dan berkarakter. Di tangan merekalah kelak masa depan negeri ini dipertaruhkan. Mulailah langkah awal Anda untuk mencetak generasi harapan itu dengan memberikan multivitamin anak SALAM FIT bagi buah hati kesayangan Anda. (HRM)

Diposting oleh Admin
Senin, 09 September 2019 09:09:55

Rubrik : Kesehatan - dibaca : 87 Kali




Pusat Layanan Informasi

LAYANAN KEMITRAAN
Senin - Sabtu
Jam 08.00-16.00
HP/WA :0812-1100-3801

Main Office

PT SHAD GLOBAL INDONESIA

Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
Telepon: (021) 2179 8344
Faksimili: (021) 2179 8344
Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
Website: shadnetwork.com

Jadwal Shalat

Subuh : 04:28
Dzuhur : 11:48
Ashar : 14:59
Maghrib : 17:52
Isya : 19:00
Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya