Versi CetakVersi Cetak
Jangan Sepelekan Anak Susah Makan! Ini Dampak Buruknya

Ayah dan Bunda, jangan anggap remeh bila anak Anda susah makan. Mengapa? Kita tentu semua tahu, bahwa untuk menjalankan aktivitas harian dan untuk memenuhi kebutuhan gizi, setiap orang, baik dewasa maupun anak-anak membutuhkan makanan. Oleh karena itu, makanan adalah kebutuhan dasar bagi setiap orang. Bahkan, bagi anak-anak, asupan makanan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Susah makan akan membuatnya kekurangan gizi. Dampaknya, selain akan menghambat pertumbuhan dan perkembangannya, juga dapat membuatnya lebih gampang sakit.

Susah makan yang kronis merupakan salah satu penyebab terbesar kasus malnutrisi. Susah makan kronis yang dialami anak dalam jangka panjang dapat membuat anak mudah sakit di kemudian hari. 86% anak yang mengalami sulit makan berisiko mengalami serangan penyakit saat usia 20 tahun, 43% pada usia 16-20 tahun, dan 33% antara usia 11-15 tahun.  

Susah makan pada anak dipengaruhi banyak faktor, di antaranya adalah trauma dan masalah psikis. Menurut dr. Endah Ronawulan, SpKJ, 33,6% masalah susah makan akan dialami anak usia pra sekolah atau sekitar usia 4-6 tahun. Selain faktor usia, susah makan juga dipengaruhi oleh usia kelahiran anak. Anak yang lahir prematur, 40-70% lebih berisiko mengalami gangguan makan dibandingkan anak yang lahir normal hanya sebesar 25%.

Beberapa risiko yang potensial dimiliki anak yang susah makan dalam waktu lama antara lain:

•    Lebih Rentan Terserang Penyakit Saat Dewasa.
Lambatnya penanganan kekurangan nutrisi pada anak usia kurang dari 11 tahun akibat susah makan, dapat berdampak mudahnya mereka terserang penyakit saat usia 20 tahun dengan rincian 43% pada usia 16-20 tahun, dan 33% antara usia 11-15 tahun.  
 
•    Memicu Penyakit Gangguan Makan
Susah makan yang berkelanjutan juga potensial meningkatkan risiko gangguan utama terkait makan, seperti makan berlebihan secara kompulsif (binge eating disorder), anoreksia nervosa, dan bulimia

Binge eating disorder adalah sindrom penyimpangan perilaku makan, di mana seseorang cenderung makan dalam porsi yang besar dan tidak dapat mengontrol kapan harus berhenti. 

Anoreksia nervosa adalah gangguan perilaku makan yang ditandai dengan ketakutan berlebih terhadap berat badan, sehingga mereka cenderung untuk membatasi asupan makannya dengan cara melakukan diet yang sangat ketat.

Bulimia merupakan keadaan di mana seorang makan secara berlebihan secara berulang-ulang (binge) kemudian mengeluarkannya kembali dengan cara dimuntahkan.

•    Terhambatnya Pertumbuhan dan Perkembangan
Kurang makan yang berarti kurang nutrisi. Sedangkan nutrisi sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, anak yang susah makan dalam waktu lama dapat terjadi peningkatan risiko terhambat atau terhentinya tumbuh kembang anak, khususnya pada penambahan berat dan tinggi badan. Penghambatan pertumbuhan tinggi badan anak akan berefek buruk permanen jika anak mengalami sulit makan pada usia empat tahun, karena usia empat tahun merupakan masa-masa puncak pertumbuhan anak.

•    Peningkatan Risiko Kematian
Berbagai studi yang pernah dilakukan terhadap anak dan remaja, menunjukkan data bahwa risiko kematian pada anak dan remaja yang mengalami gangguan makan tiga kali lebih besar dari penyebab kematian lainnya. 

Agar buah hati Anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, serta terhindar dari berbagai dampak buruk secara medis di kemudian hari, atasi susah makan mereka dengan multivitamin anak SALAM FIT. SALAM FIT adalah multivitamin anak dengan komposisi madu +royal jelly, habbatusauda, minyak zaitun, dan diperkaya dengan bee pollen untuk membantu mencukupi nutrisi yang kurang/tidak seimbang akibat pola makan yang buruk atau rendah nutrisi. SALAM FIT juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak, sehingga dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Insya Allah. Dapatkan SALAM FIT di mitrasalur terdekat Anda. (HRM)


 

Diposting oleh Admin
Kamis, 14 November 2019 09:11:12

Rubrik : Kesehatan - dibaca : 145 Kali




Pusat Layanan Informasi

LAYANAN KEMITRAAN
Senin - Sabtu
Jam 08.00-16.00
HP/WA :0812-1100-3801

Main Office

PT SHAD GLOBAL INDONESIA

Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
Telepon: (021) 2179 8344
Faksimili: (021) 2179 8344
Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
Website: shadnetwork.com


Disclaimer

Jadwal Shalat

Subuh : 04:31
Dzuhur : 12:07
Ashar : 15:30
Maghrib : 18:20
Isya : 19:33
Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya