Versi CetakVersi Cetak
Kesehatan Saraf Tepi Perlu Dijaga, Mengapa?

Sistem saraf tepi merupakan sistem saraf yang terdiri dari semua neuron (sel saraf) di luar otak dan sumsum tulang belakang, termasuk juga serabut saraf yang panjang, serta ganglia yang terbuat dari badan sel saraf. Saraf tepi memiliki peran vital dalam tubuh, karena kinerja berbagai organ penting seperti denyut jantung, tekanan darah, gerakan saluran pencernaan, serta penerimaan rangsangan dari luar dikoordinasikan oleh support system yang bernama saraf tepi.

Sistem saraf tepi juga berfungsi sebagai penghubung antara saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dengan seluruh organ tubuh (organ dalam, mata, pendengaran, kelenjar keringat, kulit, dan berbagai otot).  Bila terjadi gangguan pada saraf tepi (sering disebut juga neuropati perifer),  itu berarti kinerja berbagai organ penting dalam tubuh mengalami penurunan yang dapat berdampak serius bagi kesehatan.

Berbagai gangguan yang dapat menyebabkan gangguan atau kerusakan saraf tepi antara lain aktivitas harian yang dilakukan secara berulang dan berlebihan, seperti mengetik, memencet tombol mouse, atau mengetik pesan di ponsel secara terus menerus. Selain itu, aktivitas yang kurang melibatkan gerakan fisik, seperti duduk atau berdiri terlalu lama pada satu posisi, juga dapat menyebabkan kerusakan saraf tepi. Berbagai aktivitas ini dapat memicu peradangan otot, tendon, atau ligamen pada tangan, sehingga saraf di sekitarnya mengalami penekanan.

Di samping aktivitas rutin yang dilakukan secara berulang dalam intensitas berlebihan, kerusakan saraf tepi juga dapat terjadi karena cedera, kekurangan vitamin B, paparan bahan kimia atau beracun, konsumsi obat tertentu, dan karena menderita diabetes.

Gangguan saraf tepi jarang diketahui, bahkan jarang disadari. Padahal, bisa jadi seseorang sedang mengalaminya. Gejala awalnya seperti kebas, kram, kesemutan pada bagian tubuh tertentu, dan otot melemah. Kejadian ini seringkali dirasakan sebagian besar orang. Namun lebih sering diabaikan dan dianggap dapat pulih dengan sendirinya.

Seseorang perlu memperhatikan secara serius pada gangguan atau kerusakan saraf tepi ini. Sebab, penderitanya dapat berisiko mengalami mati rasa dan tidak dapat merasakan perubahan suhu tubuh pada area yang terserang. Dampaknya, penderita menjadi tidak menyadari bila kulit di area yang mati rasa tersebut mengalami cedera atau luka bakar. Keadaan ini sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan infeksi, terlebih lagi jika penderita memiliki penyakit diabetes yang membuat penyembuhan luka menjadi lebih lambat. Tubuh yang terasa lemah juga bisa menyebabkan penderita kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Jaga kesehatan saraf tepi dengan membiasakan pola hidup sehat. Lakukan gerakan yang berbeda, sehingga tidak terlalu monoton dalam aktivitas rutin Anda. Jauhilah alkohol, karena mengkonsumsi alkohol dan paparan radikal bebas dapat memicu kerusakan saraf lebih mudah. Waspadalah, bila kebas, kram, kesemutan, dan otot melemah terlalu sering dirasakan, karena bisa jadi itu pertanda bahwa sedang terjadi gangguan kesehatan serius pada diri Anda. Segera konsumsi vitamin neurotropik yaitu vitamin yang merupakan gabungan dari vitamin B1 (tiamin), vitamin B6 (pyridoxine), dan vitamin B12 (kobalamin). Ketiganya memiliki peran yang cukup penting untuk proses metabolisme dan regenerasi sistem saraf.

Selain itu, Anda dapat mengkonsumsi SHAD HILBA PLUS. SHAD HILBA PLUS diramu dari herbal hulbah (fenugreek), habbatussauda (Nigella sativa), zanjabil (Zingiberis rhizoma) dan beberapa herbal lainnya yang kaya flavonoid. Flavonoid ini bersifat sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki dan menjaga kesehatan sistem saraf, menangkal radikal bebas, membantu metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, memperbaiki fungsi jantung, ginjal, dan otot tubuh. Dapatkan SHAD HILBA PLUS di mitrasalur terdekat Anda. (HRM)

Diposting oleh Admin
Kamis, 06 Februari 2020 08:02:02

Rubrik : Kesehatan - dibaca : 2186 Kali




Pusat Layanan Informasi

LAYANAN KEMITRAAN
Senin - Sabtu
Jam 08.00-16.00
HP/WA :0812-9883-0475

Main Office

PT SHAD GLOBAL INDONESIA

Jl. Moh Kahfi II No.28 C Jagakarsa
Jakarta Selatan - DKI Jakarta 12630
Telepon: (021) 2179 8344
Faksimili: (021) 2179 8344
Email:administrasipemasaran@shadnetwork.com
Website: shadnetwork.com


Disclaimer

Jadwal Shalat

Subuh : 04:39
Dzuhur : 11:57
Ashar : 15:14
Maghrib : 17:58
Isya : 19:07
Jadwal Shalat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya